Mengenal Skillzy, Maskot Euro 2020 Yang Terinspirasi Dari Sepakbola Freestyle

30/06/2021 Kategori : Berita Bola Piala Euro 2020 Piala Euro 2021

Tags: , , , , ,

Mengenal Skillzy, Maskot Euro 2020 Yang Terinspirasi Dari Sepakbola Freestyle

Prediksibolaeuro.id – Mengenal Skillzy, Maskot Euro 2020 Yang Terinspirasi Dari Sepakbola Freestyle. Piala Eropa 2020 dimulai pada Sabtu dini hari, 12 Juni 2021 dengan maskot yang diberi nama Skillzy. Maskot ini terinspirasi dari sepak bola freestyle serta juga panna yaitu kebebasan. Penampilan maskot ini adalah seorang pemuda mengenakan hoodie biru, dengan citra Piala Eropa 2020.

Skillzy selalu membawa bola setiap kali dia bermain dan UEFA menilai Skillzy sebagai terobosan baru dari maskot sebelumnya. Skillzy diyakini menggabungkan maskot tradisional berukuran manusia dengan karakter modern yang lebih interaktif. Skillzy diperkenalkan sebagai maskot Euro 2020 pada 25 Maret 2019.

Ia tampil di hadapan publik menjelang kualifikasi Grup C UEFA Euro 2020, Belanda dan Jerman di Johann Cruyff Arena Amsterdam. Pengenalan Skillzy ditemani oleh dua frestyler Tobias Becs dan Liv Cooke, dimana saat itu Skillzy mempertunjukkan keahliannya di depan kurang lebih 55.000 penonton.

Seperti maskot sebelumnya Skillzy mendapat berbagai tanggapan dari masyarakat, baik positif maupun negatif. Komentar negatif mengatakan bahwa Skillzy tidak mencerminkan semangat Piala Eropa. Meski demikian, Skillzy akan menemani Anda melalui Piala Eropa 2020 mulai 12 Juni hingga 12 Juli.

Kemunculan Skillzy akan menambah keseruan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020 di masa pandemi Covid-19. Pada saat yang sama, Piala Eropa 2020 akan dimulai di Grup A, pertandingan antara Turki dan Italia. Laga tersebut akan digelar pada Sabtu dini hari, 12 Juni 2021 di Stadion Olimpiade Roma, Italia.

Meski Skillzy sudah menjadi simbol resminya, namun tetap ada saja yang mengkritik maskot Euro 2020. Banyak sekali penghinaan di media sosial dan beberapa netizen mengklaim bahwa peran Skillzy ini tidak mencerminkan semangat Piala Eropa 2020 serta tidak memiliki konsep dan tujuan yang jelas.

Maskot bergambar pria berjaket biru ini juga dianggap menyeramkan dan aneh. Terutama karena bagian di mana mata terlihat juling. Beberapa netizen bahkan khawatir anak-anak akan ketakutan saat melihat penampilan maskot tersebut.

Cristian Ang, Ketua Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Ciputra mengatakan meski sering dikritik seiring berjalannya waktu maskot Euro 2020 kini semakin bagus. Simbol-simbol yang disampaikan lebih manusiawi sedang maskot lama masih menampilkan fantasi.

Bahkan di tahun 2016 berkisah tentang seorang anak yang menemukan jubah, sepatu dan seragam hingga menjadi seorang superhero. Kali ini maskot Euro 2020 menghadirkan bentuk yang lebih realistis untuk event terbesar dunia dengan pola serupa seperti Euro.

Selama perhelatan yang telah berlalu di Prancis tersebut juga dikritik. Dimana saat itu, maskot boneka super Victor digambarkan sebagai boneka seks. Kritik yang sama juga terjadi saat Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Maskot hewan langka Armadillo dikritik oleh organisasi lingkungan Rodrigo Castro.

Tindakan FIFA ini dianggap tidak etis dengan menggunakan gambar binatang untuk menghasilkan banyak uang. Maskot seperti ini biasa ditampilkan dengan citra bahagia dan menarik. Hal ini sedikit berbeda dari maskot Euro 2020 tapi desainernya ingin menunjukkan pandangan yang benar tentang keadaan dunia saat ini.

Selama ini kita sudah penuh dengan anggapan bahwa orang kulit putih memiliki supremasi lebih dari orang kulit hitam. Tetapi situasi sosial terus berubah, selain orang kulit putih gaungnya juga semakin mendapat perhatian dan diakui setara di mata masyarakat dunia.

Sekian ulasan mengenai Skillzy, maskot Euro 2020 yang terinspirasi dari sepakbola freestyle. Semoga membantu dan bisa menambah wawasan juga informasi terkait hal tersebut. Dan menambah keseruan dalam menyaksikan setiap pertandingan Euro 2020.

Suport Browser

Responsible

Social Media